(Temon, 6/2/18). Pada Hari Senin (5/2), pukul 10.30 - 12.30 WIB,
Letkol Armed Teguh Tri Prihanto Usman, S. Sos. M.M., (Dandim 0731/Kulon Progo),
menghadiri Peresmian Pusat Layanan dan Informasi "Help Desk" New
Yogyakarta Internasional Airport. di Jln. Wates - Purworejo km 1, Dusun Tanggalan,
Palihan, Temon, Kulon Progo.
Acara peresmian ini dihadiri
oleh Para Pejabat Kabupaten Kulon Progo sebagai berikut : dr.H.Hasto Wardoyo,
Sp. OG(K), (Bupati Kulon Progo), Agus Pandu Purnama (GM PT. Angkasa Pura I
Cabang Adi Sucipto Yogyakarta), Akhid Nuryati, SE., (Ketua DPRD Kulon Progo), AKBP Irfan Rifai, SH. S.I.K. (Kapolres Kulon
Progo), Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman, S. Sos. M.M., (Dandim 0731/KP), Agus Andriyanto (Manager Ops. PT. Angkasa Pura
I Cabang Adi Sucipto Yogyakarta), Devi W
Suradji (Manager Pemasaran PT. Angkasa Pura I Cabang Adi Sucipto Yogyakarta), Mayor Lek Helmy (Kadisops Satrad 215/Congot), Ir Sukoco (Asisten Perekonomian Pembangunan
dan SDA Kulon Progo), AKP Eko Sumarsono (Kasubden I Den B Por Brimobda DIY), Djaka Prasetya, SH. (Camat Temon), Kompol
Setyo Heri Purnomo, SH. (Kapolsek Temon), Kapten Inf Rismanto (Danramil Temon),
Danang Wijanarko (Manager PT. PP. Contruction) dan seluruh Kapala Desa
terdampak Bandara.
PT. Angkasa Pura I meresmikan Pusat Layanan Informasi “Help
Desk” New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon. Help Desk
tersebut berada disebelah barat Kantor PT. Angkasa Pura I di Desa Palihan. General Manager PT. AP I Bandara Adi
Sutjipto Yogyakarta, Kol Pnb. Agus Pandu Purnama mengungkapkan, melalui Help
Desk tersebut pihaknya berkomitmen untuk menangani semua persoalan yang sudah
ditangani bisa terdokumentasikan dan terdata serta melayani dan menjawab
keluhan warga atas pembangunan bandara. Semoga “Help Desk” ini bisa menjadi wadah
sambung rasa bagi masyarakat. “Help
Desk” ini akan menghadirkan para sarjana yang ahli dalam komunikasi dan legal. Sehingga bisa menjembatani proyek NYIA dengan
warga terdampak. Dikatakan oleh Pandu, seluruh pertanyaan yang diajukan warga
akan segera dijawab dalam waktu satu hari. Apabila pertanyaan yang diajukan
belum bisa dijawab, maka “Help Desk” akan segera mencarikan data dengan waktu
maksimal tiga hari. "Help Desk” ini akan didukung oleh
Pemkab Kulon Progo serta PT. PP (Pembangunan Perumahan) sebagai pemangku
kepentingan agar semua jawaban bisa didapat dari satu tempat.
Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo berharap “Help Desk”
bisa menjadi jawaban atas segala permasalahan bagi warga terdampak bandara.
Menurutnya, dalam “Help Desk” tersebut harus didukung deengan diskusi untuk
menyelesaiakn suatu permasalahan. Tidak ada masalah yang bisa diremehkan.
Suara masyarakat, sekecil apapun harus tetap kita dengarkan. Selain itu, empati
jadi bagian penting dalam mencari solusi masalah karena tidak semua masalah
krusial muncul ke permukaan.